Senin, 21 Agustus 2017

PENGERTIAN GHOIB


Ghaib.. 


Pengertian ghob secara singkat, Ghoib yakni sesuatu yang tidak nampak atau tidak dapat di lihat oleh indra penglihatan namun dapat di rasakan kehadirannya..
sebagaimana adanya jin dan malaikat yang sudah di ciptakan oleh Allah jauh sebelum manusia di ciptakan.

  Allah telah memberitahu kan kepada kita semua akan keberadaan Mahluk Allah selain Manusia dan Malaikat yakni jin,di dalam al-Qur’an, bahkan dalam salah satu dari surat al-Qur’an ada yang bernama surat Jin, yaitu surat ke 72. Dalam firmannya Allah menyebutkan: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Demikian juga dalam hadits Rasulullah telah bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari api serta Adam diciptakan dari tanah.” (HR. Muslim).

Dalam ayat dan hadits di atas telah dijelaskan bahwa Allah telah menciptakan Jin sebagaimana Dia telah menciptakan manusia dan malaikat. Berarti keberadaan jin tidak boleh kita ingkari, walaupun kita tidak bisa melihat wujud dan keberadaan mereka, sebagaimana yang ditegaskan oleh Allah “Sesungguhnya ia (iblis) dan teman-temannya melihat kamu (manusia) dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS. Al-Araf: 27).

Oleh sebab itu makhluk Allah yang bernama jin itu dikategorikan sebagai makhluk ghaib, yang keberadaannya ada dalam nash,tapi kita tidak bisa melihatnya dengan panca indra kita.

Jika kita perumpamakan,ibarat kita sedang menonton televisi,kita dapat melihat aktivitas orang yang sedang kita tonton,tapi tidak dengan sebaliknya, orang yang kita tonton tidak dapat melihat kita..

Al-Quran sendiri telah menyebutkan kata “ghaib” kurang lebih sebanyak 56 kali.Bahkan di dalam permulaan surat al-Baqarah, Allah meyebutkan salah satu dari ciri orang-orang yang beftaqwa adalah, orang-orang yang beriman kepada yang ghaib.

“Alif Lam Mim. Kitab al-Qur’an ini tidak ada keraguan didalam padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib..” (QS. Al-Baqarah: 1 - 3).



Banyak orang yang tidak percaya dengan hal ghoib apalagi jika kita berbicara tentang mefafisika,bahkan ada yang sudah belajar kesana kemari habis puluhan juta rupiah, tapi tidak berhasil mencapai atau menyibak apa itu tabir ghoib..

Baiklah disini saya kembali simulasikan atau umpamakan ghaib itu sebuah rasa Asin, manis, pedas, asam.. tentu anda pernah mengecap rasa-rasa tersebut bukan? Nah anda sendiri tidak pernah melihat dari bentuk rasa tersebut tapi anda memakannya dari bentuk benda atau buah, contoh asin ada di garam, manis ada di gula, pedas ada di cabai, asam ada di buah.Jadi ghoib itu ada dan dapat dirasakan bagi anda yang mempunyai tingkat kepekaan baik.

Demikian secara singkat saya beri ulasan tentang apa itu ghoib, semoga pembaca dapat memahaminya, mohon maaf jika ada salah kata dan kekurangan, karena saya hanya hamba Allah yg penuh dengan kekurangan... Jika anda ingin Belajar mengolah kepekaan bathin, intuisi dsb,silahkan hubungi padepokan kami...


padepokan mbah yudhy